Studium Generale Jurusan PPB FIP UNY

Senin (7/12) Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP UNY mengadakan Studium Generale yang menghadirkan Prof. Dr. Syamsu Yusuf, L.N. staff pengajar dari UPI. Mengambil tema Bimbingan Konseling Belajar, acara yang diadakan di ruang Abdullah Sigit ini dihadiri 250 mahasiswa S1 dan S2 BK.

Proses pemberian bantuan konselor atau guru bimbingan dan konseling kepada peserta didik/ konseli dalam mengenali potensi diri untuk belajar, memiliki sikap dan keterampilan belajar, terampil merencanakan pendidikan, memiliki kesiapan menghadapi ujian, memiliki kebiasaan belajar teratur dan mencapai hasil belajar secara optimal sehingga dapat mencapai kesuksesan, kesejahteraan, dan kebahagiaan dalam kehidupannya.

Syamsu menambahkan proses layanan bantuan Guru BK atau Konselor kepada peserta didik (konseli) agar memiliki kemampuan untuk mengembangkan sikap, pemahaman dan keterampilan dalam belajar, serta memecahkan masalah-masalah belajar atau akademik, sehingga mencapai prestasi belajar yang optimal.

“Bimbingan Konseling Belajar memiliki tujuan agar Peserta didik memiliki keyakinan bahwa belajar adalah ibadah, memiliki sikap dan kebiasaan belajar yang positif, memiliki motif belajar sepanjang hayat memiliki motif berprestasi , memiliki disiplin diri dalam belajar, memiliki keterampilan belajar, memiliki kemampuan untuk memanfaatkan  lingkungan sebagai sumber belajar dan memiliki keterampilan merencanakan dan menetapkan pendidikan lanjutan” ungkap Syamsu lagi. (ant/end)