Develop, Implement, and Asses School Counseling Program to Improve Student Outcomes : Pelatihan Konselor di Kabupaten Karanganyar

(Karangnyar, 4 Mei 2024) Departemen Psikologi Pendidikan dan Bimbingan bekerjasama dengan MGBK Kabupaten Karanganyar memberikan pelatihan secara serentak pada Guru Bimbingan dan Konseling di wilayah Kabupaten Karanganyar dan sekitarnya. Pelatihan yang mengusung tema “Develop, Implement, and Asses School Counseling Program to Improve Student Outcomes” ini berhasil meraih antusiasme guru Bimbingan dan Konseling yang tersebar di berbagai wilayah untuk datang ke UNS Inn, tempat berlangsungnya acara. Sebanyak 90 orang guru Bimbingan dan Konseling yang tersebar dari beberapa kabupaten, seperti Kabupaten Karanganyar, Wonogiri, Sragen, Surakarta, hingga wilayah Semarang mengikuti kegiatan ini. Pelatihan ini ditujukan untuk membekali guru bimbingan dan konseling seperangkat pengetahuan dan keahlian dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling bagi peserta didik.

Pelatihan ini dibuka oleh sambutan dari Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan, Sumber Daya, dan Umum juga sambutan dari Ketua MGBK SMP Kabupaten Karanganyar dan Kepala Bidang SMP dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Karanganyar. Penyampaian materi dalam pelatihan ini terbagi ke dalam 3 sub tema yaitu bimbingan, konseling, dan asesmen. Tujuan pembagian ketiga subtema agar memberikan bekal yang mendalam bagi guru bimbingan dan konseling dalam melaksanakan layanan bimbingan dan konseling. Setiap tema dalam pelatihan diberi oleh pembicara utama yang menjadi poin inti dalam pelatihan. Adapun pembicara yang menyampaikan materi dalam kelas bimbingan antara lain Prof. Dr. Budi Astuti, M.Si., Diana Septi Purnama, Ph.D., dan Dr. Eva Imania Eliasa, M.Pd. Dalam kelas konseling materi disampaikan oleh Dr. Suwarjo, M.Pd., Nanang Erna Gunawan, Ph.D., dan Agus Triyanto, M.Pd. Serta kelas asesmen dengan pembicara antara lain Dr. Agus Basuki, M.Pd., Dr. Sugianto, M.Pd., dan Widya Juwita Sari, M.Pd.

Guru bimbingan dan konseling selaku peserta, selama proses pelatihan menunjukkan antusiasme positif yang ditunjukkan dengan kesedian mengikuti pelatihan sampai selesai. Disaat yang sama, Guru Bimbingan dan Konseling di wilayah Karanganyar dan sekitarnya juga berharap pelatihan seperti ini dapat diberikan setiap tahun agar guru-guru dapat mengupgrade pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki. Harapan positif dari guru bimbingan dan konseling di wilayah Karanganyar dan sekitarnya tentu saja menjadi semangat baru dan disambut baik oleh tim dari Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Yogyakarta untuk memberikan pelatihan di tahun-tahun berikutnya.

 

(Penulis : Indriyana Rachmawati, Editor : salmasalsabilah)