Penghargaan “Best Story” Berhasil Diraih oleh Antonius dalam Festival Film Curio UBAYA

Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Negeri Surabaya menyelenggarakan Festival Film Curio UBAYA. Festival yang diselenggarakan sebagai wadah bagi para kreator film untuk menuangkan ide dalam sebuah video atau cerita bergambar agar mudah dalam menyampaikan pesan dalam sebuah tontotan yang mendidik. Kategori perlombaan ini berupa film pendek dan dilombakan pada tingkat Nasional pada Tanggal 2 Mei 2021.

Antonius Ian Bayu Setiawan dan teman-teman berperan serta dalam festival Film Curio UBAYA dengan mengirimkan karya berjudul “Janur”. Judul tersebut sengaja dipilih untuk menceritakan tentang keberagaman kegiatan keagamaan, antara Islam dan Hindu. Pada tahun 2020, di mana memperingati keagamaan antara Agama Islam dan Hindu di waktu yang hampir bersamaan, dikisahkan tentang dua orang perempuan yang sama-sama memutuhkan janur untuk memperingati kegiatan keagamaan. Perempuan yang beragama Hindu (sebut saja Made) membutuhkan janur untuk kuningan, sedangkan perempuan yang beragama Islam (sebut saja Dhiya) membutuhkan janur untuk membuat “ketupat lebaran”.

Made mempersilahkan Dhiya untuk mengambil janur yang sebenarnya digunakan untuk memperingati kegiatan Kuningan, namun karena kesulitan mencari janur, akhirnya Made membagi sedikit janur kepada Dhiya agar tetap dapat memperingati ketupat lebaran. Akhirnya, mereka saling berbagi janur, sehingga sama-sama dapat memperingati hari keagamaan, dan di akhir cerita perempuan yang beragama Hindu diberikan ketupat oleh perempuan yang beragama Islam karena telah membantunya untuk membuat ketupat lebaran. Pada perlombaan ini Antonius mampu menjuarai “Best Story”. Pesan yang dapat diambil dari film ini yaitu keragaman agama tidak menghalangi kita untuk saling tolong menolong antar sesama yang membutuhkan. Oleh karena itu, sebagai generasi muda penanaman karakter tolong menolong perlu ditanamkan sebagai karakter baik yang perlu dimiliki dalam menghadapi tekanan kehidupan yang tidak dapat diduga.