DISKUSI ILMIAH MAHASISWA BK IAIN RADEN INTAN LAMPUNG DENGAN PROGRAM STUDI BK FIP UNY

Senin, 30 Januari 2017, civitas akademika program studi Bimbingan dan Konseling mendapat kunjungan dari IAIN RADEN INTAN Lampung. Kunjungan yang menjadi salah satu bagian dari acara field trip Bimbingan dan Konseling IAIN RADEN INTAN tersebut dibuka langsung oleh ketua prodi sekaligus ketua jurusan Bapak Fathur Rohman, M.Si.

Kunjungan ini dihadiri oleh lebih dari 140 orang peserta dari IAIN RADEN INTAN Lampung dan dihadiri tak lebih dari 30 orang civitas akademika program studi Bimbingan dan Konseling sebagai penyelenggara. Acara tersebut juga dihadiri pula oleh Wakil Dekan I Bapak Dr. Suwarjo, M.Si dan Wakil Dekan III, Bapak Dr. Sujarwo, M.Pd.

Setelah acara pembukaan dan penayangan profil Fakultas Ilmu Pendidikan UNY, acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab mengenai prodi Bimbingan dan Konseling FIP UNY yang dipimpin langsung oleh Bapak Fathur Rahman. Beliau menjelaskan bagaimana prodi Bimbingan dan Konseling UNY mengelola baik mata kuliah, kurikulum, maupun sarana prasarana yang disediakan. “Salah satu yang membedakan kami dengan BK lainnya adalah kami berani membagi praktikum menjadi 4 kelas dengan 1 kelas berisi 10 mahasiswa dan 1 dosen,” jelas Pak Fathur.

Para peserta sendiri terlihat antusias dalam mengikuti diskusi dan tanya jawab tersebut, “Kami terpukau bahwa disini BK itu berharga” tuas ibu Mega Arya Monica saat melayangkan pertanyaan untuk bapak Fathur. Antusiasme juga tidak hanya hadir dari dosen pembimbing saja tapi juga dari para mahasiswa BK IAIN RADEN INTAN itu sendiri. Pertanyaan terkait keprofesian BK dan urgensi profesi konselor itu sendiri menjadi bukti nyata antusiasme mahasiswa IAIN RADEN INTAN bukan hanya dalam diskusi melainkan juga profesi yang akan mereka ambil nantinya.

Setelah acara yang diadakan di Abdullah Sigit Hall tersebut selesai, peserta diberi kesempatan pula untuk mengujungi laboratorium BK untuk menyaksikan sendiri bagaiamana sarana dan prasarana yang ada di prodi Bimbingan dan Konseling FIP UNY. (end/Audhik)