Pelatihan Penulisan Proposal PTK

Dalam rangka melaksanakan salah satu wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi, beberapa dosen Bimbingan dan Konseling FIP UNY melaksanakan Program Pengabdian Masyarakat (PPM) yang dilaksanakan di kampus FIP UNY yaitu dengan mengundang guru-guru BK kabupaten Bantul Yogyakarta. Tim ini terdiri dari Fathur Rahman, M.Si., Sugiyatno, M.Pd. dan isti Yuni Purwanti, M.Pd. Kegiatan ini dilatarbelakangi dengan banyaknya permasalahan siswa disekolah-sekolah dan masih banyak guru BK yang menemui kendala untuk pemecahan masalah yang relatif cepat disertai pembuktian yang ilmiah melalui indikator-indikator yang dapat diterima. Salah satu cara pemecahannya adalah dengan pemanfaatan penelitian tindakan kelas.

Penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merancang, melaksanakan, dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif. Tujuannya adalah untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Namun dalam perkembangan selanjutnya, penelitian tindakan dapat dilaksanakan dalam berbagai bidang, antara lain dalam bidang bimbingan dan konseling.

Penelitian tindakan bimbingan dan konseling secara rinci diharapkan mampu; menguasai konsep-konsep penelitian tindakan bimbingan dan konseling, merancang proposal penelitian tindakan bimbingan dan konseling, merancang perangkat instrumen dan prosedur penelitiannya, menganalisis hasil uji coba instrumen penelitian, mengimplementasikan rancangan penelitian, menganalisis hasil penelitian, menyimpulkan hasil penelitian, melakukan pembahasan hasil penelitian dan menyusun laporan hasil penelitian.

Kegiatan ini telah diikuti oleh 22 guru BK sekabupaten Bantul Yogyakarta. Bapak/Ibu guru BK dilatih dan beri kesempatan untuk mencoba membuat rancangan penelitian tindakan kelas yaitu merancang judul/topik, identifikasi masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian/penulisan, variable penelitian, kerangka teori yang dibutuhkan, metode pengumpulan data, metode analisis data dan membuat instrumen. Setelah peserta pelatihan membuat rancangan penelitian peserta juga mencoba mempresentasikan hasil dari rangcangan penelitian tindakan kelas yang telah dibuat dan Bapak/Ibu dosen memberikan umpan balik atau masukan atas rancangan penelitian tersebut. (end).