Pelatihan Asisten Laboratorium BK FIP UNY

Jumat, 7 Oktober 2016, Laboratorium Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (PPB) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyelenggarakan kegiatan pelatihan Asisten Laboratorium (Aslab). Acara tersebut diselenggarakan di Ruang Audio Visual Laboratorium PPB dan diikuti oleh 14 Aslab yang merupakan mahasiswa BK dari berbagai angkatan. Acara ini juga dihadiri oleh ibu Isti Yuni Purwanti, M.Pd. selaku Ketua Laboratorium PPB dan dibersamai oleh narasumber yang hebat yaitu Tri Yogi Fitri Rahmantyo, S.Pd., sebagai alumni BK UNY 2008 yang sekarang memiliki kesibukan dalam Dunia HRD di salah satu perusahan tambang di Indonesia. Dalam pelatihan yang bertema “Plan your future right now” diharapkan dapat memotivasi para Aslab dalam membuat future plan yang sesuai dengan harapannya di masa depan. Selain itu Aslab juga diharapkan dapat menjalankan tugas dengan baik serta mampu meningkatkan ketrampilan  mereka sebagai asisten Laboratorium PPB FIP UNY.

Menurut Yogi, masa depan itu harus direncanakan mulai dari sekarang. Dalam mengawali pelatihan, Yogi menjelaskan bahwa apa yang kita yakini, apa yang kita pilih dan apa yang kita lakukan merupakan hasil dari keputusan yang kita ambil sendiri, termasuk memilih Prodi Bimbingan dan Konseling. Maka dari itu, hilangkan “Rantai Gajah” yang selama ini membelenggu kita untuk maju. Dan yang pasti saat kita sudah berani mengambil keputusan dalam hidup maka jangan salahkan orang lain dan bertanggungjawablah atas pilihan kita.  

Acara ini berlangsung selama 2,5 jam dan berjalan dengan lancar. Para Aslab yang sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut juga diberikan reward. Aslab berharap kegiatan seperti ini rutin diadakan untuk menambah ilmu, ketrampilan dan mendorong semangat untuk mewujudkan cita-cita di masa depan. (pit/end)