Workshop Pengkajian Outcome Based Education (OBE) dan Perangkat Pembelajaran

(Wates, 27-29 September 2024) Telah dilaksanakan Workshop Pengkajian Outcome Based Education (OBE) dan Perangkat Pembelajaran oleh Departemen PPB di Hotel UNY Wates. Acara ini dihadiri oleh seluruh dosen dari Departemen PPB FIPP UNY dan menghadirkan Bapak Dr. Deni Hardianto, M.Pd .,dosen dari Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan (KTP FIPP UNY), sebagai narasumber utama.

Workshop ini dirancang untuk memperkuat pemahaman para dosen terkait konsep Outcome Based Education (OBE) yang saat ini menjadi pendekatan penting dalam merancang pendidikan berbasis hasil belajar. Dalam presentasinya, Bapak Dr. Deni Hardianto menguraikan berbagai aspek kunci dari OBE, termasuk Taksonomi Pembelajaran dan penerapannya dalam proses pendidikan tinggi. Beliau juga menjelaskan prinsip-prinsip Student-Centered Learning (SCL) sebagai pendekatan yang mendukung pembelajaran berpusat pada mahasiswa, di mana pengajar lebih berperan sebagai fasilitator yang memberdayakan siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran.

Salah satu topik utama yang dibahas dalam workshop ini adalah perancangan perangkat pembelajaran berbasis OBE. Dalam sesi ini, peserta diberikan kesempatan untuk mendalami bagaimana merancang perangkat pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa serta tuntutan perkembangan zaman. Narasumber juga menjelaskan tentang penggunaan taksonomi pembelajaran dalam menyusun capaian pembelajaran, metode penilaian, serta kegiatan perkuliahan yang mendorong pencapaian hasil belajar secara optimal. Selama sesi diskusi, para dosen aktif bertanya dan berdialog mengenai tantangan-tantangan dalam implementasi OBE, khususnya dalam konteks pendidikan di Departemen PPB. Isu-isu seperti bagaimana cara menyeimbangkan pendekatan teoritis dan praktis, serta menyesuaikan perangkat pembelajaran dengan kebutuhan berbagai jenis mahasiswa.

Workshop ini diharapkan mampu meningkatkan kompetensi para dosen dalam merancang pembelajaran yang lebih inovatif dan berorientasi pada pencapaian hasil belajar yang optimal. Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang OBE, dosen diharapkan dapat merancang perangkat pembelajaran yang tidak hanya memenuhi standar akademik, tetapi juga mendorong mahasiswa untuk mencapai hasil belajar yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja dan masyarakat.

Melalui kegiatan ini, Departemen PPB FIPP UNY menunjukkan komitmen yang kuat untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran, agar lulusannya dapat bersaing secara global dan berkontribusi positif dalam berbagai bidang profesi yang mereka geluti. (salma)