LOKOPEDIA NASIONAL (LOMBA KONSELING KELOMPOK DAN MEDIA BIMBINGAN DAN KONSELING)

Sabtu, 13 Mei 2017, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan melalui Himpunan Mahasiswa-nya menyelenggarakan Lomba Konseling Kelompok dan Media Bimbingan dan Konseling Nasional (Lokopedia). Dua buah lomba besar tersebut dikemas dengan tema Membentuk Figur Mahasiswa BK yang Kreatif, Inovatif, dan Berkarakter..

 Lokopedia adalah salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa PPB UNY 2017. Merupakan lomba Bimbingan dan Konseling tingkat nasional kali pertama yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta. Sebelumnya sendiri Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan telah banyak menyelenggarakan berbagai lomba Bimbingan dan Konseling namun masih dalam tingkat regional. Lomba ini adalah suatu wadah untuk mengembangkan kapasitas serta ilmu dalam bidang Bimbingan dan Konseling agar mampu menjadi konselor yang berkompeten dan profesional. Tak hanya itu, lomba ini juga sebagai ajang penyaluran potensi mahasiswa BK melalui kompetisi untuk mengukur sejauh mana ilmu yang telah didapatkan dan menambah pengalaman untuk menunjang karirnya yaitu sebagai seorang konselor agar lebih profesional. 

Lokopedia ini setidaknya diikuti oleh 29 kelompok (11 pendaftar untuk konseling kelompok dan 18 pendaftar untuk media)  yang berasal dari program studi Bimbingan dan Konseling di seluruh Indonesia. Selanjutnya masing-masing lomba diseleksi menjadi lima besar finalis untuk dipertemukan dalam acara utama Lokopedia yang bertempat di Abdullah Sigit Hall FIP UNY hari Sabtu, 13 Mei 2017. Berikut daftar lima besar finalis konseling kelompok: Universitas PGRI Semarang (Rofiatun Nikmah), Universitas Ahmad Dahlan (Novia Wahyuningtyas), Universitas Negeri Semarang (Dije Zaraska Kristy), Universitas Ahmad Dahlan (Devita Ayu Mei Dina), dan Universitas Ahmad Dahlan (Laras Putri). Adapun lima besar finalis media BK sebagai berikut: Universitas Ahmad Dahlan (Annisa Sofiana), Universitas Negeri Jakarta (Rastratama), Universitas Ahmad Dahlan (Moh. Saddam Bachtiar), Universitas Sebelas Maret (Ridlo Pratama Saeful Millah), dan Universitas Negeri Malang (Putri Laras Trisnawati). Universitas Negeri Yogyakarta selaku tuan rumah menyepakati bahwa tidak turut berpartisipasi sebagai peserta lomba atas nama kenetralan.

Acara lomba ini dibersamai oleh Kepala Biro Akademik Dr. Sukirjo, M.Pd., Wakil Dekan I FIP Dr. Suwarjo, M.si., Ketua Jurusan PPB FIP UNY Fathur Rahman M.Si, Pendamping Mahasiswa Siti Aminah M.Pd, serta Bapak & Ibu Dosen PPB FIP UNY, dan segenap tamu undangan yang hadir. Acara lomba konseling kelompok sendiri bersifat terbuka, artinya seluruh rangkaian pelaksanaan lomba boleh disaksikan untuk umum. Karena diharapkan dapat menjadi bekal dan pembelajaran bersama untuk menerapkan layanan BK bagi calon-calon konselor sekolah dan menjadi lebih mengerti bagaimana memberikan layanan konseling kelompok kepad siswa.

“Alhamdulillah rangkaian acara sudah terlaksana dengan baik. Banyak dari peserta yang melakukan testimoni bahwa pelayanan dan penyelenggaranya baik dan puas. Selain itu, alhamdulillah acara ini diikuti oleh universitas-universitas di seluruh indonesia, kurang lebih 15 universitas yang ikut serta dalam kegiatan ini. Kedepannya, semoga Lokopedia bisa terselenggara sebagai kegiatan tahunan rutin HIMA PPB yang pastinya disusun dan dirancang lebih matang dan terstruktur lagi” Pesan saudari Imas selaku Ketua Pelaksana Lokopedia. (Bintang/End)