Kunjungan Studi Prodi BK FIP UPI & Seminar Kesehatan Mental

(Selasa, 5 Desember 2023) Prodi S1 BK FIPP UNY menerima kunjungan dari 150 mahasiswa semester 1 dan 2 dosen pengampu mata kuliah dari Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia.

Pembukaan kegiatan diawali dengan pemberian sambutan yang disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi, dan Usaha FIPP UNY : Ibu Dr. Siti Rohmah Nurhayati, S.Psi., M.Si, juga dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni : Bapak Dr. Iis Prasetyo, S.Pd., M.M., dan Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan, Umum, dan Sumber Daya : Bapak Dr. Agus Basuki, M.Pd.

Kegiatan ini merupakan salah satu program mata kuliah Kesehatan Mental yang diampu oleh Bapak Prof. Dr. Syamsu Yusuf LN., M.Pd. dan Ibu Nadia Aulia Nadhiroh, M.Pd. Sehingga kegiatan kunjungan studi dilanjutkan dengan Seminar Kesehatan Mental dengan topik "Kesehatan Mental : Isu Global dan Profesi BK di Indonesia" yang disampaikan oleh narasumber Bapak Nanang Erma Gunawan, M.Ed., Ph.D., dan dimoderatori oleh Ibu Natri Sutanti, M.A. Dalam materi tersebut dijelaskan kondisi kesehatan mental sebagai sebuah isu global yang dihadapi individu dari berbagai belahan dunia, dampak dan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi akibat isu kesehatan mental tersebut,dan paradigma kesehatan mental. Materi ditutup dengan penjelasan beliau mengenai apa yang dapat kita pelajari dan lakukan sebagai seorang konselor diantaranya dengan men-deconstruct dan me-reconstruct teori konseling berdasarkan kebutuhan masyarakat, karateristik, dan nilai-nilai budaya masyarakat, menunjukkan apa yang masyarakat butuhkan dan bagaimana konselor dapat memenuhinya, menunjukkan peran profesi konselor yang spesifik, memberikan jaminan layanan profesional yang menerapkan kode etik yang tegas dan menyeluruh, hingga organisasi profesi Bimbingan dan Konseling yang dirasa perlu memberikan update pengetahuan dan keterampilan untuk penanganan masalah kesehatan mental secara periodik.

Dengan adanya kegiatan Kunjungan Studi ini diharapkan menjadi langkah untuk memperkuat dan meningkatkan kerjasama antara BK FIP UPI dengan BK FIPP UNY serta memperkokoh keilmuan Bimbingan dan Konseling. (salmasalsabilah)