Kunjungan dan One Day Training Mahasiswa BK FKIP UNUGIRI Bojonegoro

Rabu, (4/03/2020) Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP UNY menerima kunjungan mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) Bojonegoro. Rombongan dari BK  UNUGIRI berjumlah 136 mahasiswa yang didampingi oleh 7 dosen pendamping, Ketua Prodi BK UNUGIRI Ibu Zety Novitasari, M.Pd. serta Dekan FKIP UNUGIRI ibu Astrid Chandra Sari, M.Pd. Kunjungan tersebut diterima oleh Dekan FIP UNY yaitu Bapak Dr. Sujarwo, M.Pd. serta turut menyambut ibu kabag, bapak-ibu kasubag FIP, pengurus prodi BK FIP UNY serta bapak-ibu dosen prodi BK FIP UNY.

Acara dibuka oleh Bapak Dekan FIP UNY. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan terimakasih banyak kepada Mahasiswa BK FKIP UNUGIRI yang telah mempercayakan Jurusan PPB/BK FIP UNY sebagai tempat tujuan untuk Study Excursion. Sambutan selanjutnya oleh Dekan FKIP BK UNUGIRI yaitu Ibu Astrid Chandra Sari, M.Pd. Beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pimpinan FIP UNY dan Kaprodi BK FIP UNY yang telah menerima mahasiswanya untuk melakukan Study Excursion di BK FIP UNY.

Dalam kunjungan tersebut mahasiswa BK FKIP UNUGIRI Bojonegoro juga meminta untuk diisi dengan kegiatan seminar dan pelatihan atau one day training tentang “Basic Skills dalam Konseling”. Sebagai pemateri seminar Bapak Dr. Muhammad Nur Wangid, M.Si. memaparkan tentang tema “Pengembangan Kualifikasi Kepribadian Konselor sebagai Helper bagi Generasi 5.0”. Setelah pemaparan seminar kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan Basic Skills dalam Konseling, peserta dibagi dalam 4 kelompok (32-34 mahasiswa). Dalam kelompok tersebut difasilitatori oleh 8 dosen dari BK FIP UNYyakni, Ibu Siti Aminah,M.Pd.,Septinda Rima Dewanti, M.Pd.,Luthfita Cahya Irani, M.Pd., Mitta Kurniasari, M.Pd., Chici Pratiwi, M.Pd., Yuli Nurmalasari, M.Pd., Widya Juwitasari, M.Pd., dan Ismarini Bekti Setiani, M.Pd.

Kunjungan dikemas dengan seminar dan one day training ini bertujuan untuk menambah ketrampilan tentang Basic Skills dalam Konseling yang meliputi; 1. Basic skills/keterampilan dasar konseling, 2. Internalisasi basic skills dalam kehidupan sehari hari dan 3. Simulasi basic skills bagi para mahasiswa, serta menambah wawasan tentang ke BK-an di Indonesia. Dalam akhir kegiatan, dilakukan foto bersama, kunjungan ke Labaratorium Prodi BK FIP UNY serta ke UPT Layanan Bimbingan dan Konseling UNY (end).