KUNJUNGAN KULIAH KERJA LAPANGAN (KKL) BK UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI DAN IAIN SAMARINDA KE BK FIP UNY

Senin, 26 Februari 2018, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, khususnya Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan mendapat kunjungan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) dari Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas PGRI Banyuwangi dan IAIN Samarinda, Rombongan tersebut berjumlah 22 mahasiswa dari Universitas PGRI banyuwangi dan 13 mahasiswa dari IAIN Samarinda..

Bertempat di Ruang Abdullah Sigit FIP UNY mahasiswa BK FKIP Universitas PGRI Banyuwangi IAIN Samarinda disambut dengan hangat oleh jajaran dekanat, ketua jurusan dan sekretaris jurusan PPB serta dosen BK FIP UNY. Acara dibuka langsung oleh Dekan FIP UNY, Dr. Haryanto, M.Pd. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan terimakasih banyak kepada Mahasiswa BK FKIP Universitas PGRI Banyuwangi dan IAIN Samarinda yang telah mempercayakan Jurusan PPB/BK FIP UNY sebagai tempat tujuan untuk melakukan Kuliah Kerja Lapangan (KKL). Sambutan selanjutnya oleh Bapak Drs. H. Teguh Sumarno, M.M yaitu sebagai dosen pendamping mahasiswa BK FKIP Universitas PGRI Banyuwangi serta sambutan selanjutnya Ibu Sai Handari, M.Pd. yaitu dari dosen pendamping mahasiswa IAIN Samarinda. Beliau berdua menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dekan dan Kaprodi BK FIP UNY yang telah menerima mahasiswanya untuk melakukan Kuliah Kerja Lapangan di Prodi BK FIP UNY.

Setelah pembukaan dan sambutan selesai, acara selanjutnya yaitu Pelatihan Konseling Individu dengan Pendekatan Gestalt, yang disampaikan oleh Nanang  Erma Gunawan, M.Ed, Dr. Budi Astuti, M.Si., Isti Yuni Purwanti, M.Pd., dan Agus Triyanto, M.Pd. dalam pelatihan tersebut peserta di bagi dalam tiga kelompok mahasiswa. Adapun materi yang disajikan dalam pelatihan Konseling Individu Dengan Pendekatan Gestalt yaitu meliputi: Pemaparan teori Pendekatan Gestalt, Konsep kunci dan prinsip pendekatan gestalt, Pengukuran dengan pendekatan Gestal, Fungsi konselor dengan pendekatan Gestalt, Teknik-teknik konseling dan psikoterapi dengan pendekatan gestalt, Mengenali permasalahan-permasalahan dengan sudut pandang teori Gestalt, Praktik penerapan pendektan gestalt dalam konseling dengan teknik kursi kosong dan Evaluasi praktikum konseling individual dengan pendekatan gestalt. (end)