Pelatihan Keterampilan Dasar Konseling untuk Meningkatkan Minat Belajar Secara Online Peserta Didik Bagi Guru Bimbingan Dan Konseling (BB) SMA Di Provinsi Yogyakarta

Keterampilan dasar konseling menjadi salah satu “senjata” penting yang harus dipahami dan dikuasai oleh seorang guru Bimbingan dan Konseling (BK) atau konselor saat melakukan sesi konseling kepada konselinya. Tinggi rendahnya keterampilan dasar konseling guru BK dapat mempengaruhi keberhasilan layanan konseling yang diberikan. Pada masa pandemi ini, banyak siswa yang mengalami berbagai masalah, salah satunya terkait minat belajar online. Pandemi memaksa siswa untuk melakukan “sekolah online” atau belajar dari rumah. Belajar dari rumah nyatanya memiliki banyak dampak negatif, salah satunya yaitu minat belajar online yang rendah. Sehingga untuk membantu permasalahan minat belajar online peserta didik, konselor dapat melakukan konseling online dengan didukung kemampuan keterampilan dasar konseling yang baik.

Kelompok PPM Prodi Bimbingan dan Konseling FIP UNY yang diketuai oleh Diana Septi Purnama, M.Pd., Ph. D beserta dua anggotanya Dr. Budi Astuti, M.Pd dan Mitta Kurniasari, M.Pd mencoba membantu permasalahan di atas dengan memberikan workshop dalam bentuk pelatihan keterampilan dasar konseling untuk meningkatkan minat belajar online peserta didik. Secara umum, pengabdian ini bertujuan untuk memberikan wawasan, pengalaman dan pendampingan kepada para guru bimbingan dan konseling SMA Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta agar dapat mengembangkan keterampilan dasar konseling dalam meningkatkan minat belajar secara online peserta didik.

Kegiatan PPM telah dilaksanakan pada hari Jum’at-Sabtu, tanggal 30-31 Juli 2021 dan diikuti oleh 28 guru Bimbingan dan Konseling SMA/SMK di Provinsi DIY. Dalam pelaksanaannya, kegiatan PPM dilakukan menggunakan platform zoom meeting.  Pelaksanaan workshop secara online tidak membuat semangat Bapak/Ibu guru dalam mengikuti workshop, hal ini terlihat dari antusias Bapak/Ibu peserta selama sesi diskusi dan juga dalam sesi penugasan mandiri. (end)