Menyelami Isu Kritis Riset Bimbingan dan Konseling serta Kurikulum Layanan BK Pribadi Sosial melalui Kegiatan Guest Lecturer

Selasa, 27 Februari 2024 telah dilaksanakan agenda rutin dari Departemen Psikologi Pendidikan dan Bimbingan yakni Guest Lecturer di Abdullah Sigit Hall FIPP UNY. Guest Lecturer sendiri merupakan istilah yang merujuk pada dosen tamu yang diundang sebagai pembicara ataupun pengajar tamu untuk membahas sebuah topik dalam mata kuliah dengan tujuan untuk memberikan tambahan wawasan kepada mahasiswa terkait dengan isu maupun topik yang menjadi keahlian dosen tersebut.

Kegiatan guest lecture kali ini ini diikuti oleh kurang lebih 250 mahasiswa Program Studi Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktor (S3) Bimbingan dan Konseling FIPP UNY. Adapun pelaksanaan kegiatan dibagi menjadi 2 sesi yakni pukul 09.00 - 11.45 untuk mata kuliah Metodologi Penelitian yang dihadiri oleh mahasiswa S2 dan S3 BK, sementara pukul 12.00 - 14.30 untuk mata kuliah Bimbingan dan Konseling Pribadi Sosial yang dihadiri oleh mahasiswa S1 BK Angkatan 2023. 

Topik materi dan diskusi yang dibahas dalam mata kuliah Metodologi Penelitian adalah mengenai Isu Kritis Riset Bimbingan dan Konseling dengan Narasumber Bapak Dr. Ilfiandra, M.Pd. dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan dimoderatori oleh Bapak Dr. Sigit Sanyata, M.Pd. Dalam hal ini beliau memulai materi dengan menjabarkan pemahaman dasar mengenai apa yang dimaksud dengan penelitian/ research sesungguhnya, dilanjutkan dengan menjelaskan tentang bagaimana mahasiswa post graduate dapat mengenali dan mengidentifikasi masalah dalam penelitian (research problem), menjabarkan isu-isu tentang beberapa desain dalam penelitian, menjabarkan rujukan kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa BK untuk dapat menguasai konsep dan praksis penelitian dalam Bimbingan dan Konseling, hingga menjelaskan fundamental prinsip etik yang harus dipahami mahasiswa sebagai seorang peneliti.

Sementara untuk mata kuliah Bimbingan dan Konseling Pribadi Sosial, topik yang dibahas adalah tentang Kurikulum Layanan Pribadi Sosial dengan Narasumber Bapak Dr. Sahril Buchori, M.Pd. dari Universitas Negeri Makassar (UNM) dan Ibu Nadia Aulia Nadhirah, M.Pd. dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dengan moderator Ibu Fadhila Malasari Ardini, M.Pd., dan Ibu Sesya Dias Mumpuni, M.Pd. Pada sesi ini narasumber mengawali dengan materi mengenai mengenalkan kembali bidang layanan dari Bimbingan dan Konseling juga konsep tentang comprehensive school counseling. Materi dilanjutkan kepada pembahasan tujuan dari personal/ social development, apa saja yang diperlukan untuk membangun kurikulum BK Pribadi Sosial yang komprehensif, hingga pengenalan profil pelajar pancasila yang akhir-akhir ini menjadi salah satu pertimbangan pada saat merancang tujuan layanan Bimbingan maupun Konseling. (salmasalsabilah)