Memproyeksikan Masa Depan Pendidikan melalui Keselarasan Nilai Imanen Pedagogik dengan Psikologi Positif dalam Penyelenggaraan Pendidikan di Era Digital

(Rabu, 24 April 2024) Departemen Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIPP UNY menghadirkan Prof. Dr. Sunaryo Kartadinata, M.Pd. yang merupakan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Bimbingan dan Konseling Universitas Pendidikan Indonesia, Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Uzbekistan dan merangkap Republik Kyrgyztan, serta Dewan Pembina Pengurus Besar Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (PB ABKIN) dalam kegiatan Guest Lecturer.

Kegiatan guest lecturer kali ini mengusung tema "Harmonisasi Pedagogik Digital dan Psikologi Positif dalam Pendidikan" dengan judul materi "Keselarasan Nilai Imanen Pedagogik dengan Psikologi Positif dalam Penyelenggaraan Pendidikan di Era Digital".

Acara yang berlangsung di Ruang Sidang Lantai 3 gedung Muh Amin FIPP UNY ini dibuka dengan sambutan Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni FIPP Bapak Dr. Iis Prasetyo, S.Pd., M.M. dan diikuti oleh perwakilan mahasiswa S1-S2-S3 BK, Ketua Departemen se FIPP UNY, hingga Koordinator Program Studi Bimbingan dan Konseling dari Universitas Ahmad Dahlan, Universitas PGRI Yogyakarta, IKIP PGRI Wates, Universitas Mercubuana, Universitas Sanata Dharma, dan Universitas Tekhnologi Yogyakarta.

Dalam materinya, Prof. Dr. Sunaryo Kartadinata, M.Pd. menekankan pentingnya nilai-nilai imanen pedagogik ( spiritual, otoritas moral, etik, kebebasan, tanggung jawab, hingga kewajiban) yang merupakan rangkaian holistik untuk melihat bagaimana pengetahuan dan teknologi dikatakan dapat mencapai kesuksesan dalam kehidupan manusia jika disatukan dengan wellness dan wellbeing juga pengetahuan dan teknologi.

Beliau juga menjelaskan mengenai penerapannya dalam berbagai konteks (konteks nasional, konteks peradaban global, konteks teknologi digital, konteks personal), bagaimana menyelaraskan teknologi dengan nilai kemanusiaan dalam pendidikan dengan memperkuat dimensi kemanusiaan, melihat dilema dan tantangan pendidikan, hingga memproyeksikan masa depan pendidikan sebagai proyek filsafat.

Di akhir acara Prof. Dr. Sunaryo Kartadinata memberikan kenang-kenangan kepada Departemen PPB FIPP UNY berupa buku karangan beliau yang berjudul "Membangun Manusia Ideal : Telaah Pedagogik dalam Konteks Pendidikan Bangsa". (salmasalsabilah)

 

cr dokumentasi : Humas FIPP UNY