Mahasiswa Pertukaran Internasional Prodi BK Ikuti Festival Konvokesyen & Festival Kuala Kangsar USAS Malaysia

Mahasiswa BK FIPP UNY mengikuti kegiatan Istiadat Konvokesyen dalam rangka Festival Konvokesyen (FESKON) Universiti Sultan Azlah Shah Malaysia tanggal 9 Desember 2023

Kegiatan Istiadat Konvokesyen ini merupakan salah satu rangkaian dari acara Festival Konvokesyen (FESKON) dan Festival Kuala Kangsar yang berlangsung selama 4 hari mulai dari 7 Desember – 10 Desember 2023. Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Sultan Perak, Sultan Nazrin Muizzudin Shah, untuk memberikan penghargaan khususnya bagi para graduan yang berprestasi. Istiadat Konvokesyen dilengkapi dengan penampilan Coir (paduan suara), nasyid, dan gamelan, untuk mengiringi kegiatan sehingga menambah suasana menjadi lebih khidmat. Selain itu, pada tanggal 8 Desember 2023, ketiga belas mahasiswa BK FIPP UNY diberikan kesempatan untuk menampilkan tarian tradisional Indonesia di Malam Seni Budaya. Penampilan tersebut disaksikan oleh masyarakat umum khususnya warga Kuala Kangsar.

Menurut Fathin, salah satu Mahasiswi BK FIPP UNY, Rangkaian kegiatan tersebut menambah pengalaman yang sangat berkesan karena bisa menyaksikan langsung Istiadat Konvokesyen yang dihadiri oleh Sultan Perak, karena di Indonesia sangat jarang upacara kelulusan atau graduation yang dihadiri oleh petinggi negara. "Selain itu, berpartisipasi langsung dalam acara Malam Seni Budaya juga salah satu hal yang sulit untuk move on karena seru dan bangga bisa mengenalkan budaya kita kepada mereka, "katanya.

Menurut Ocha, sangat bersyukur diberi kesempatan untuk hadir dalam acara wisuda yang dihadiri langsung oleh Sultan Perak. Ia jadi tahu bagaimana proses wisudanya, bisa lihat langsung Sultan Perak, dan setelah itu mereka pergi ke festival makanan yang masih dalam rangkaian wisuda. Ocha berharap, program pertukaran pelajar dan kerja sama antarnegara ini akan terus berlanjut agar UNY menjadi salah satu jembatan untuk memperkenalkan budaya Indonesia ke mancanegara dan mempelajari budaya dari negara lain.

cr : https://fipp.uny.ac.id/id/berita/mahasiswa-bk-fipp-uny-ikuti-kegiatan-fe... (salma salsabila)