PRODI BK FIP UNY TERIMA KUNJUNGAN DARI MAHASISWA BK FKIP UNIVERSITAS TADULAKO

Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah melakukan kunjungan studi banding ke Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta dalam rangka untuk berbagi pengalaman khususnya terkait mata kuliah Asesmen Teknik Tes hari Senin (09/04/2018) di Ruang Abdullah Sigit FIP UNY.

Rombongan tiba di FIP UNY Pukul 08.00 WIB dan disambut dengan hangat oleh Ketua program studi BK FIP UNY Fathur Rahman, M.Si. dan segenap jajaran Dekan serta dosen BK FIP UNY. Para rombongan nampak antusias ketika Dr. Haryanto, M.Pd. selaku Dekan FIP UNY memberikan sambutan dan pengenalan pembuka mengenai Fakultas Ilmu Pendidikan dan Program studi BK FIP UNY.

Dr. Haryanto, M.Pd. dalam sambutannya menyambut hangat mahasiswa BK FKIP Universitas Tadulako yang sudah berkunjung ke Program studi BK FIP UNY dan sangat senang dengan acara studi banding yang dikembangkan oleh Prodi BK FIP UNY yang dekemas dalam bentuk pelatihan/One Day Training dengan pelatihani Asesmen Teknik Tes yang harapannya mahasiswa mampu dalam menggunakan alat tes tersebut “imbuhnya.

Sambutan selanjutnya oleh Ketua rombongan sekaligus Koordinator Prodi BK FKIP Universitas Tadulako Dr. H. Muh. Mansyur Thalib, M.Pd. menjelaskan apa tujuan dari studi banding yang telah dilakukan ini. “Kita berharap bisa belajar tentang SOP atau tahapan-tahapan penggunaan alat tes khususnya terkait dengan Asesmen Teknik Tes yang sudah dilakukan oleh Program studi BK FIP UNY. UNY sebagai Perguruan Tinggi Negeri tentu memiliki pengalaman yang bisa digali oleh mahasiswa BK FKIP Universitas Tadulako, paparnya. “Kita juga ingin melihat lebih dalam tentang keadaan atau suasana laboratorium Program studi BK yang ada di Fakultas Ilmu Pendidikan UNY”, tambahnya.

Setelah pembukaan dan sambutan, acara selanjutnya dilanjutkan dengan materi pelatihan Asesmen Teknik Tes, yang disampaikan oleh Agus Triyanto, M.Pd.. Dalam pemaparannya Agus Triyanto menyampaikan materi tentang Asesmen Teknik Tes dalam Bimbimbingan dan Konseling, pengenalan Tes Bakat Skolastik dan Tes minat RMIB (Rothwell Miller Interest Blank) untuk sesi pertama.

Dengan berakhirnya sesi pertama, untuk acara sesi ke dua dilanjutkan dengan praktik bagaimana menggunakan alat Tes Bakat Skolastik dan Tes Minat RMIB (Rothwell Miller Interest Blank). Dalam praktik tersebut mahasiswa di bagi dalam dua kelompok kelas yaitu kelompok kelas A dipandu oleh Dr. Budi Astuti, M.Si. dan kelompok kelas B dipandu oleh Isti Yuni Purwanti, M.Pd. Dalam pelatihan tersebut peserta langsung praktik dengan kedua alat tes tersebut dan peserta juga diminta untuk menjadi tester dengan mengerjakan alat tes yang sudah dibagikan. Hasil dari pekerjaan mahasiswa BK Universitas Tadulako langsung dientri oleh tim dari Lab. BK FIP UNY dengan tujuan agar hasilnya dapat diketahui dan dibagikan ke peserta tes.

Setelah praktik alat tes berakahir, mahasiswa BK FKIP Universitas Tadulako melanjutkan kegiatannya yaitu mengunjungi Laboratorium Bimbingan dan Konseling FIP UNY. Dalam kunjungannya ke lab. BK FIP UNY mereka disambut oleh Ibu Isti Yuni Purwanti, M.Pd. sebagai Koordinator Lab. BK FIP UNY dan didampingi juga oleh adik-adik mahasiswa BK FIP UNY. Dalam kunjungannya ke Lab. BK UNY mereka kelihatan sangat antusias yang ditunjukkan dengan banyaknya mahasiswa yang bertanya terkait bagaimana pengelolaan Lab. BK FIP UNY (end)