Mahasiswa BK FIP UNY Raih Juara 1 dalam Acara International Day Against Torture Video Competition Tingkat Nasional

Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta yang kembali berhasil mencetak prestasi berupa perolehan Juara 1 dalam acara International Day Against Torture Video Competition tingkat nasional yang diadakan Kontras Sumatera Utara. Mereka diantaranya adalah Angela Putri Ramadhan (BK 2020), Faradila Annisa N (BK B) 2019, dan Iqbal Zaki T (BK A) 2019. Tim ini berada dibawah naungan Project Belajar Production yang juga diproduseri langsung oleh alumnı mahasiswa prodi bimbingan konseling yaitu Antonius Ian B.S.

Kompetisi ini mengangkat tema "Masyarakat Sipil Tolak Kekerasan Aparat" Melalui tema tersebut tim Project Belajar membuat konsepan video berupa film pendek yang berisi obrolan santai tentang keresahan mereka terhadap kasus yang berkaitan dengan kekerasan aparat serta disisipi beberapa aturan perundang - undangan yang mengatur tentang larangan melakukan kekerasan terutama kekerasan yang dilakukan aparat. Melalui film tersebut mereka meng-campaignkan bahwa kekerasan aparat harus dıhentikan karena hal tesebut bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Selain itu, dalam fim tersebut terdapat ajakan kepada masyarakat agar beranı menyuarakan aspirasi.  Film yang berdurasi 2 menit 59 detik itu diberi judul "Lawan Kekerasan".

Tentunya dalam pembuatan film ini memerlukan proses yang cukup panjang. Dimulai dari pembuatan script dan konsepan video, reading talent, proses take video, dan tahap editing video vang memakan banyak waktu. Konsepan yang matang pun membuat mereka mampu bersaing dengan belasan competitor lain. (end)