LOKOPEDIA #3

Sabtu (04/05) bertempat di Abdullah Sigit Hall Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta telah terlaksana LOKOPEDIA #3 untuk ketiga kalinya sejak tahun 2017. LOKOPEDIA (Lomba Konseling Kelompok dan Media Bimbingan Konseling Tingkat Nasional) adalah salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Psikologi Pendidikan dan Bimbingan yang merupakan lomba antarmahasiswa Bimbingan dan Konseling di seluruh Indonesia.

Seperti yang dijelaskan oleh ketua panitia LOKOPEDIA #3, Fayruziyah Ifroch Sabtana “LOKOPEDIA tahun ini mengusung tema Mewujudkan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling yang Responsif, Kontributif dan Progresif. Tujuan dari diselenggarakannya acara ini ialah sebagai sarana mewujudkan kreatifitas, ketrampilan, dan wawasan keprofesian mahasiswa Bimbingan dan Konseling di Indonesia. Peserta LOKOPEDIA merupakan mahasiswa BK dari berbagai daerah di Indonesia. Setiap tahunnya jumlah peserta mengalami peningkatan. Pada tahap seleksi diikuti oleh 41 tim dengan jumlah 268 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dengan rincian 21 tim Konseling Kelompok dan 20 tim Media Bimbingan dan Konseling.”

Rangkaian LOKOPEDIA dimulai dari tanggal 19 maret 2019 dilanjutkan dengan tahap seleksi karya dan RPL, pengumuman lima besar dan babak final yang diselenggarakan di Abdullah Sigit Hall. Untuk babak final telah terpillih 5 tim dengan nilai tertiggi pada tahap sebelumnya pada masing-masing cabang lomba, pada cabang Konseling Kelompok 5 tim yang lolos yaitu Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Semarang, Universitas Pendidikan Indonesia, dan Universitas Sebelas Maret. Sedangkan pada cabang lomba media BK 5 tim yang lolos yaitu Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Nusantara PGRI Kediri, dan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Setelah melalui berbagai tahap seleksi, pada Sabtu (04/05) diselenggarakan simulasi Konseling Kelompok pada tahap working stage dan terminating stage, sedangkan pada cabang lomba media BK pada penilaian tahap akhir dilaksanakan presentasi karya yang telah lolos seleksi pada tahap sebelumnya. Maka pada hari itu juga diketahui 3 tim terbaik di masing-masing cabang lomba dengan rincian pada cabang Konseling Kelompok, Juara 1 diraih oleh Universitas Negeri Yogyakarta , Juara 2 diraih oleh Universitas Negeri Semarang, dan Juara 3 diraih oleh Universitas Negeri Jakarta. Sedangkan pada cabang media BK Juara I diraih oleh Universitas Negeri Surabaya, Juara 2 diraih oleh Universitas Nusntara PGRI Kediri, dan Juara 3 diraih oleh Universitas Negeri Yogyakarta.

Tentunya kesuksesan acara LOKOPEDIA #3 terselenggara dengan lancar tidak lepas dari bantuan berupa material maupun materil dari berbagai pihak yang mendukung kesuksesan acara diantaranya Ikatan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling (IMABKIN), LL Dikti Wilayah V, Walikota Yogyakarta, Dinas Pendidikan Yogyakarta, UNY, FIP UNY, Latoya, Elita Kerudung, Himager, Spesial Sambal, Imperial Printing, dan segenap pihak yang tidak bisa disebutkan satu demi satu. (pit/end)